Penyebab kerusakan pada silinder hidrolik

proses pemasangan silinder hidrolik

Gambar diatas adalah salah satu bagian dari proses pemasangan silinder hidrolik (hydraulic cylinder) pada mesin injection di salah satu customer kami, sebuah perusahaan produsen produk minuman didaerah Sukabumi – Jawa Barat.

Proses yang kami lakukan untuk memperbaiki sebuah silinder hidrolik adalah:
– Reseal (penggantian seal lama dengan yang baru)
– Honing (penghalusan tabung silinder bagian dalam)
– Perbaikan piston (opsional, jika terjadi kerusakan)
– Chrome Rod (memperbaiki permukaan rod yang rusak) 
Proses yang diaplikasikan pada pembuatan rod baru adalah: Machining, chrome dan polishing

contoh tabung silinder yang rusak

Lalu apakah yang menjadi penyebab kerusakan pada sebuah silinder hidrolik?
Disini kami akan sedikit memberikan penjelasan secara garis besar saja, yang mana hal ini sering terjadi, diantaranya:

  1. Masa pakai 
    Hal ini tentunya sudah menjadi hal yang lumrah, karena didalam bagian silinder terdapat komponen yang namanya seal, yang mana bahan dasar seal adalah dari karet walaupun ada juga yang menggunakan bahan lain seperti  polyurethane ataupun yang lain, dan pastinya mempunyai masa pakai yang terbatas.
  2. Kualitas Oli
    Oli sangatlah berperan penting dalam sebuah sistem hidrolik, jika kualitas oli berkurang karena terdapatnya gram ataupun kotoran, maka ini akan membuat kerusakan pada bagian rod. Karena kotoran ini akan terjebak pada bagian seal, sehingga lambat laun akan mengikis pada rod sehingga terjadi goresan yang berakibat oli rembes melewati seal.
  3. Temperatur oli yang tidak sesuai
    Setiap jenis oil seal tentunya punya karakteristik yang berbeda, tipe NBR contohnya. Seal tipe NBR ini tidak akan tahan dengan suhu yang tinggi.
  4. Kelebihan beban
    Tonase yang berlebih yang terbebankan pada sebuah silinder tentunya suatu hal yang harus dihindari. Hal yang biasa terjadi jika terdapat kelebihan beban pada sebuah silinder adalah terjadinya bengkok pada bagian rod, bahkan dalam tipe silinder tertentu bisa menyebabkan rod patah ataupun silindernya pecah.

Demikian sedikit penjelasan kami terkait hal apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada silinder hidrolik, lakukanlah pengecekan secara rutin dan berkala pada bagian bagian komponen hidrolik, guna mendeteksi secara dini sebelum terjadinya kerusakan yang lebih serius.

baca juga: perbaikan mesin press hidrolik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *