O-ring seals

O-ring atau biasa disebut juga dengan O-ring seals adalah suatu komponen berbentuk menyerupai cincin yang mempunyai kontur lunak yang terbuat dari bahan dasar alami atau karet synthetic atau bisa juga berbahan dasar dari plastik.

Dalam pemakaianya O-ring biasanya ditempatkan (dikompres/ ditekan) diantara dua permukaan sebagai seal, selain itu sering juga digunakan sebagai static seal (seal statis) yang fungsinya sama dengan gasket.

Description: seal o-ring
Contoh seal o-ring

Pada aplikasinya sebagai penyekat yang bertekanan tinggi di atas 5500 kPa atau 800 psi, biasanya O-ring ditambahkan dengan back-up ring yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran yang diakibatkan oleh adanya celah diantara dua permukaan. Back-up ring biasanya terbuat dari bahan dasar plastik atau berbahan dasar teflon yang berfungsi untuk memperpanjang dari usia masa pakai (lifetime).

Pada saat aplikasi pemasangan, hal yang sangat penting diperhatikan adalah semua permukaan harus bersih terbebas dari kotoran dan debu. Kemudian periksa O-ring seal itu sendiri dari kotoran, debu, goresan (scratch) dan cacat lainya yang akan menyebabkan kebocoran.

O-ring mempunyai kegunaan sebagai karet penutup atau penyekat pada pompa-pompa hidrolik. Kebanyakan yang terjadi o-ring mengalami kerusakan dikarenakan kepanasan atau life time (masa pakai) yang sudah sangat lama sehingga akan terjadi keausan, sehingga O-ring tersebut menjadi putus bahkan dalam kasus tertentu o-ring bisa hancur.

Dari segi ukuran, O-ring mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ukuran O-ring dimulai dari 3 mm (diameternya) sampai ukuran yang paling besar 130,5 mm, namun tidak menutup kemungkinan ukurannya melebihi dari ukuran standar, yang biasanya digunakan pada alat alat berat ataupun mesin mesin industri.

O-ring  juga terbagi menjadi dua yaitu O-ring G yaitu huruf G itu yang mempunyai arti diameter luarnya tebal sedangkan O-ring P yaitu huruf P itu yang mepunyai arti diameter luarnya tipis/tidak begitu tebal. O-ring ini dipakai sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

Disisi lain O-ring juga mempunyai tingkat kekerasan yang bermacam macam, hal ini disesuaikan dengan aplikasi penggunaan pada alat alat spesial, adapun tingkat kekerasan pada o-ring ini dihitung dengan satuan shore.

baca juga: hydraulic valve

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *