Kerusakan Pompa Hidrolik Tipe Vane Pump

Gambar diatas adalah dua buah cartridge pompa hidrolik tipe vane pump, yang mana terdapat perbedaan yang cukup jelas pada bagian rumah sirip nya (tanda merah).

Dalam pemakaian normal, pompa tipe vane pump ini life time nya cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan pompa tipe gear pump, lalu apa yang menjadi penyebab terjadi kerusakan pada pompa sehingga terdapat cacat yang begitu parah seperti yang terlihat pada gambar diatas?

Salah satu penyebab utama terjadi kerusakan seperti ini adalah terdapatnya kotoran (gram) pada oli, kotoran gram ini sangatlah merugikan sekali jika sudah masuk kedalam sistem hidrolik, bagaikan sebuah virus yang menyebar melalui darah didalam tubuh manusia, dia akan menyebar kesemua jaringan dan akan menimbulkan kerusakan.

Ketika kotoran gram ini sudah tercampur dengan oli dan masuk kedalam sistem hidrolik, maka dapat membuat kerusakan pada hampir semua bagian komponen hidrolik seperti:

  1. Pompa hidrolik
  2. Directional valve
  3. Silinder hidrolik, dll

Lalu apa yang harus dilakukan jika kondisi pompa sudah seperti gambar diatas?
Lakukanlah penggantian bagian yang rusak tersebut (cartridge), namun jika anda mengalami kendala dalam perbaikan baik dari sisi main power ataupun sparepart yang dibutuhkan, jangan sungkan untuk menghubungi tim kami untuk menangani kendala tersebut.

Jika pompa sudah diperbaiki, satu hal utama yang jangan sampai terlewatkan yaitu lakukanlah penggantian oli berikut filter oli nya. Karena jika hal itu tidak dilakukan (ganti oli) maka tidak akan lama pompa tersebut akan mengalami kerusakan yang serupa.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada peralatan sistem hidrolik, lakukanlah pengecekan dan penggantian oli secara rutin serta pastikan kondisi oli dalam level yang seharusnya.

Demikian sedikit uraian mengenai kerusakan pada pompa hidrolik tipe vane pump, semoga dapat memberi manfaat bagi pembacanya.

baca juga: Penyebab kerusakan pada pompa hidrolik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *