Hydraulic Seal

Hydraulic seal atau seal pada sistem hirolik (hydraulic system) berfungsi untuk mencegah kebocoran dari suatu sistem yang bergerak secara resiprokal (up/down, left/right). Hydraulic seal dapat dikelompokan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Piston Seal – dipasang pada Piston
  • Rod Seal – dipasang pada Housing
  • Guide Ring – dipasang untuk menghindari gesekan antara piston dgn silinder
  • Dust Seal – untuk mencegah masuknya kotoran pada sistem
Description: Hydraulic seal
Contoh Seal hidrolik

Adapun macam – macam seal yang digunakan pada system alat berat yang paling umum adalah:

  • O-ring – berbentuk seperti huruf O ini adalah seal yang applikasinya paling banyak karena sederhana, effisien dan pemasangannya sangat mudah, terbuat dari karet sintetis. O-ring dirancang untuk digunakan dalam groove dimana O-ring ditekan (+/_ 10%) diantara permukaannya. Penggunaan O-ring harus memiliki permukaan yang halus dimaksudkan untuk mengurangi gesekan dengan permukaan yang bergerak. Penggunaan aplikasi statis dan tekanan tinggi biasanya diperkuat dengan back-up ring untuk mencegah O-ring keluar dari tempatnya.
  • U-Packing dan V-Packing – berbentuk U atau V umumnya digunakan untuk menyekat shaft yang berputar pada piston dan rod end silinder. Merupakan seal dinamis terbuat dari kulit, karet sintetis ataupun karet alami, plastik dan bahan lain. Bagian sisi yang terbuka/Lip dipasang ke arah tekanan sistem sehingga tekanan akan mendorong lip pada permukaan yang bertemu untuk membentuk sekat yang kuat.
  • Mechanical Seal – adalah sejenis seal dinamis, yang umumnya dibuat dari logam atau karet. Terkadang bagian yang berputar dari seal itu dibuat dari karet, yang kemudian dilapisi logam dibelakangnya untuk dipasangkan pada housing. Adapun dalamnya dipasang pada shaft yang berputar dan sebuah pegas menahan dua bagian seal dengan kekuatan yang sama.
  • Metallic seal- adalah jenis seal dinamis, dan biasanya terbuat dari baja terbagi atas dua jenis yaitu expanding metallic seal dan non expanding metallic seal. Dibuat cukup presisi namun bukan tujuan menutupi kebocoran, sering  juga disebut dengan fluid wiper seal dan applikaisnya untuk suhu sangat tinggi. Ring piston adalah contoh dari seal jenis ini.
  • Compression packing / jam packing – penggunaan dalam aplikasi dinamis dibuat dari plastik, kain asbes, kapas berlaminasi karet ataupun logam yang fleksibel. Penggunaan compression packing sama dengan penggunaan U-Packing dan V-Packing dan digunakan pada  suhu rendah. Pelumasan sangat penting, karena  akan menggores bagian-bagian yang bergerak jika dibiarkan bekerja dalam keadaan yang kering.

baca juga: o-ring seals

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *