Hydraulic Hose (Selang Hidrolik)

Gambar diatas merupakan sebuah hose rusak yang diakibatkan oleh tekanan yang berlebih, sehingga mengakibatkan hose menjadi pecah. Lalu bagaimanakah supaya hal tersebut tidak terjadi? Berikut ini adalah sedikit pemaparan terkait hose hidrolik.

Hydraulic Hose atau selang hidrolik adalah suatu komponen pada system hidrolik yang berfungsi menghantarkan oli hidrolik sesuai dengan tekanan yang diperlukan kebagian sistem hidrolik yang biasanya digunakan untuk menggerakkan actuator, baik linear actuator (silinder hidrolik) ataupun rotary actuators (motor hidrolik).

Lifetime atau umur pemakaian hydraulic hose dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Cuaca disekitar area (sinar matahari dan kelembapan)
  • Bahan-bahan kimia
  • Kondisi pengoperasian yang tidak sesuai
  • Tempat

Hose memiliki beberapa lapisan dan fungsi tersendiri seperti:

  • Inner tube, merupakan lapisan terdalam yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya fluida.
  • Reinforcement layer, berfungsi memberikan kekuatan pada hose, biasanya terbuat dari kapas, material sintetis atau kawat.
  • Cushion, berfungsi sebagai lapisan yang dapat mengurangi gesekan, cushion ini dapat mengurangi kemungkinan kawat menjadi rigid atau kaku yang dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan terdalam.
  • Cover, berfungsi melindungi hose dari kerusakan yang diakibatkan dari luar seperti lingkungan atau cuaca.

Pemasangan hose tidaklah terlalu sulit, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan, diantaranya:

  1. Pemasangan hose jangan terlalu tegang, karena suhu, tekanan, aliran dan kontraksi dari bagian luar bisa mengakibatkan kerusakan.
  2. Jika hose harus ditekuk, jangan terlalu ekstrim sehingga hose menjadi tegang.
  3. Gunakanlah pengikat atau klem pada hose hidrolik supaya hose tidak tersentak dan bergerak saat mendapat tekanan tinggi.

Mengganti sebuah hose yang sudah usang dan rusak merupakan suatu keharusan, hose yang baru harus memenuhi beberapa kriteria, meliputi ukuran hose, pressure kerja maksimum, kompatibilitas fluida, radius bengkokan maksimum, rentang temperatur saat pengoperasian dan kondisi-kondisi lingkungan. Hose yang baru harus memenuhi bahkan sebaiknya melebihi spesifikasi yang ada.

Hose yang baru harus memiliki ukuran yang sama dengan hose yang lama agar dapat beroperasi dalam sistem hidrolik sesuai spesifikasi dari rancangan.

Demikian sedikit uraian mengenai hose hidrolik, semoga bermanfaat.

Baca juga: kerusakan pompa hidrolik tipe vane pump

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *